Archive for February 2013

Sejarah Ikat Pinggang

by Osbergleather 5 on Feb 14, 2013

Ikat pinggang telah digunakan pada pakaian pria sejak jaman perunggu. Baik pria maupun wanita menggunakan ikat pinggang tergantung kepada style dan fashion waktu itu. Di dunia barat, ikat pinggang lebih umum dipakai oleh pria, dengan pengecualian pada masa awal abad pertengahan, akhir abad ke 17. Pada periode pertengahan abad ke 19 hingga perang dunia, ikat pinggang merupakan dekorasi utama pada seragam. Pada tentara Prussia, Tsarist Russia, dan Eropa Timur lainnya, sangatlah umum apabila menggunakan ikat pinggang sangat ketat dengan ukuran lebar di pinggang dan diluar ikat pinggang. Tujuannya adalah membantu agar pedang tidak jatuh. Ikat pinggang ini juga digunakan untuk memberikan efek bahu yang lebih besar dan dada yang lebih kuat. Ikat pinggang biasanya berupa corset yang dipakai dibawah seragam. Hal ini sudah dilakukan pada perang Krimea dan seringkali dilakukan tentara pada lini barat.

Pada jaman modern, pria menggunakan ikat pinggang pada tahun 1920, agar celana tidak jatuh.Sebelum abad ke 1920, ikat pinggang biasa digunakan hanya untuk dekorasi kemiliteran. Sebelum tahun 1920, celana tidak memiliki sekat untuk ikat pinggang. Di olahraga, celana dengan lubang ikat pinggang baru ada pada abad ke 20. Saat ini, pria umumnya menggunakan ikat pinggang dengan celana mereka. Sejak pertengahan tahun 1990, praktek shagging yang umumnya dilakukan di penjara menyebabkan penggunaan ikat pinggang di penjara dilarang. Hal ini disebabkan ikat pinggang digunakan sebagai senjata dan alat untuk bunuh diri. Hal ini sering dilakukan diantara para pria.

Pada masa sebelum kolonisasi, ikat pinggang digunakan pada masyarakat asli Amerika. Ikat pinggang dibuat dari kulit binatang dan menggunakan atribut suku. Ikat pinggang sangat bermacam-macam diantaranya adalah :

Ikat pinggang indian, ikat pinggang wampun

Ikat pinggang Wampum

Wampum adalah kerang yang digunakan suku di Amerika untuk berbagai keperluan dan merupakan barang yang sacral. Mereka biasanya dijahit hingga menyerupai sabuk dan diberikan sebagai hadiah seremonial. Setelah, penduduk Eropa mulai datang, ikat pinggang terkadang dikirimkan antar suku indian sebagai alat untuk menandakan adanya konflik dan sebagai alat tukar dengan orang Eropa

Ikat pinggang abad pertengahan

The Wane dan Wax of Belts

Pada masa colonial dan setelah Negara terbentuk, ikat pinggang kebanyakan digunakan untuk symbol pangkat pada saat perang karena menggunakan sabuk pada umumnya sangat tidak nyaman. Pada masa perang dunia ke 1, ikat pinggang adalah bagian dari seragam. Tentara . Ikat pinggang digunakan dengan korset untuk memberikan kesan lebih langsing pada bagian pinggang dan meningkatkan persepsi bahu yang lebar dan dada yang besar untuk mengintimidasi musuh. Gaya ini sangat popular pada tentara berpangkat tinggi. Setelah perang, celana menjadi lebih rendah dan ikat pinggang digunakan sebagai bagian dari pakaian pria

Ikat pinggang cowboy

Kontribusi Hollywood terhadap fashion ikat pinggang

Pada pertengahan abad ke 20, film barat adalah bagian dari bioskop amerika. Pada saat itu ikat pinggang dengan kepala berukuran besar lazim digunakan. Kepala ikat pinggang adalah symbol ornament untuk film cowboy. Kepopuleran kepala ikat pinggang dan gaya mereka merupakan bukti dari budaya Amerika saat ini. Rodeo dan even lainnya menggunakan ikat pinggang besar sebagai hadiah. Hal ini membuktikan sifat kompetitif.

ikat pinggang modern

Ikat Pinggang Gaya Modern

Saat ini ikat pinggang hadir dalam banyak variasi, yang selalu tersedia dan dipakai oleh banyak orang. Gaya popular saat ini menyediakan ikat pinggang yang dipakai pada bahan katun dan ikat pinggang tradisional. Bahkan ada ikat pinggang terkini yang menggunakan batu mulia dan metal pada desainnya sehingga menghabiskan ribuan dollar

 
Sekian penjelasan mengenai sejarah ikat pinggang, info selengkapnya mengenai ikat pinggang Osberg dapat anda temukan disini:
http://www.osbergleather.com/products/category/belts


Material Penyusun Sabuk dan Dompet Osberg

by osbergleather on Feb 8, 2013



  KUALITAS BUATAN TANGAN


GESPER


Buckle Osberg

Sabuk kami menggunakan gesper dan kulit. Gesper kami menggunakan bahan nikel. Nikel sangat penting untuk industri modern karena kemampuan mereka untuk menahan berbagai kondisi operasi yang berat yang melibatkan lingkungan korosif, suhu tinggi, tekanan tinggi, dan kombinasi dari faktor-faktor ini. Ada beberapa alasan untuk kemampuan ini. Nikel murni adalah ulet dan tangguh karena memiliki struktur kristal kubus berpusat muka sampai titik leleh. Nikel memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi dalam suasana normal, dalam air dan asam , dan memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap korosi oleh alkali kaustik.


KULIT PULL UP

Kulit Pull Up

Kami menggunakan kulit pull up untuk bahan dompet dan sabuk. Pull up adalah kulit dengan penampilan alami yang dapat menjadi cerah ketika ditarik atau direnggangkan ketika dipakai dalam waktu lama. Kulit pull up merupakan kulit berkualitas tinggi, dan sangat natural,  tidak berubah dan kasar, namun lembut dan lentur untuk disentuh. Pull-Up membutuhkan sedikit perawatan terutama untuk membersihkan setiap beberapa minggu agar tidak terkena kotoran.
Efek pull-up cenderung lebih jelas di daerah di mana kulit ditarik dalam dua arah yang berbeda, seperti di depan dan seluruh bagian kulit. Efek Minyak dan lilin pada kulit pull up terkadang memberikan bahkan efek lebih indah seperti shading dan unik,juga memberikan variasi warna halus.
 

KULIT MILLED


Milled Leather

Kulit Milled atau dinamakan kulit giling adalah salah satu bahan kulit penyusun ikat pinggang. Untuk membuat kulit ini, kulit dimasukkan kedalam mesin giling dimana mesin itu berotasi seperti mesin cuci untuk mengeringkan namun tanpa air dan udara panas. Dengan rotasi tersebut, garis-garis halus alami kulit mulai keluar. Kulit Milled memiliki daya tahan yang baik terhadap air dan panas maupun debu. Ketika dibutuhkan kulit dengan kualitas vegetable tanned namun dengan biaya murah maka kulit milled dapat memberikannya. Kulit milled juga memberikan kesan elegan dengan adanya urat-urat pada bagian atas kulitnya.


KULIT CRAZYHORSE


Crazyhorse leather

Kulit Crazyhorse merupakan salah satu bahan dompet kulit osberg. Dinamakan crazy horse karena memang pada awalnya digunakan oleh para koboi untuk pelana kuda dan sepatu bot karena merupakan kulit berbahan tebal. Kulit ini dirancang untuk bertahan dalam kondisi ekstrim dan tanpa perlindungan. Ketika dibuat, kulit ini diberikan minyak di bawah tekanan pada suhu tinggi untuk mencapai hasil yang tangguh. Crazy horse dibuat dengan dioleskan lilin khusus pada permukaannya. Lilin ini meleleh dan bermigrasi di bawah gesekan panas. Alhasil saat permukaan kulit digosok warna mengalami perubahan. Ini menunjukkan efek antik. Salah satu hal pertama yang saya lakukan dengan kulit ini adalah untuk menekuk dan melipat potongan sebanyak mungkin. Minyak dan warna tampaknya meledak dari bersembunyi. Kulit Crazy Horse sangat ideal untuk orang-orang yang ingin lebih maskulin, atau mencari dompet yang baik di iklim lembab atau kering. Setelah bertahun-tahun memakai, dompet ini akan memiliki kulit dengan tampilan tertekan dan menjadi sangat fleksibel, namun tetap memiliki sifat pelindung.

KULIT GENUINE

Genuine leather

Kulit Genuine merupakan salah satu kulit penyusun sabuk.  Bagian atasnya dekat dengan bagian rambut pada binatang
maka dinamakan top-grain atau full-grain layer. Bagian bawahnya disebut split layer. Dalam industri, kulit full grain merupakan kulit yang paling diinginkan karena sifat naturalnya yang atraktif sehingga tidak dibutuhkan banyak perbaikan untuk pembuatan kulitnya. Beberapa kulit genuine memiliki bekas gigitan serangga maupun goresan binatang dimana dibutuhkan perbaikan agar menjadi lebih baik. Ada banyak cara untuk memperbaikinya termasuk dengan buffed, sanded, plated atau embossed dengan tekstur tertentu. Dikarenakan membutuhkan banyak perbaikan dan proses pengerjaan, kulit genuine memiliki harga lebih besar dibandingkan yang lain

KULIT NAPPA




Kulit nappa adalah salah satu material untuk dompet kami. Nappa pada dasarnya sangat lembut, memiliki penyamakan tipe chrome 
Nappa dibuat dari alam, sedikit berpigmen, berpigmen dan diampelas menjadi kulit nappa.Kulit nappa juga dikenal sebagai kulit anilin karena terbuka-berpori dan diimbuhi dengan pewarna anilin. Kulit Nappa memiliki sistem pertukaran air yang baik dan karena itu memberikan pertukaran panas yang sangat baik. Dengan pigmen kulit nappa yang permeable, warna kulit akan mengikat. Hal ini membuat materi kurang baik ketika terkena air tetapi pada saat yang sama lebih mudah untuk membersihkan dan kurang sensitif terhadap kotoran. Karena kulit nappa mudah untuk dibuat dan memiliki harga murah antara kulit lainnya maka itu kami menjanjikan dompet nappa dengan biaya terjangkau.

KULIT NUBUCK




Kulit Nubuck adalah salah satu material pada sabuk. Kulit Nubuck adalah
kulit top-grain yang telah disamak pada bagian luarnya untuk memberikan sedikit serat protein sehingga tampilannya seperti karpet. Bahannya kurang resistan terhadap air namun dapat diberikan warna. Nubuck memiliki kemiripan dengan suede. Perbedaannya suede merupakan bagian dalam kulit dimana nubuck merupakan bagian luarnya sehingga memberikan kekuatan dan ketebalan lebih baik. Nubuck biasanya lebih mahal dibandingkan suede dan harus diwarnai agar dapat dipakai dan memiliki daya tahan.