Tips Merawat Ikat Pinggang dan Dompet Kulit

by osbergleather on Mar 9, 2016

Dompet, tas, ikat pinggang, jaket, sepatu dan barang – barang lain yang terbuat dari bahan kulit asli memang merupakan barang – barang yang banyak disukai. Tidak hanya memiliki banyak penggemar, jenis bahan kulit juga merupakan jenis bahan yang tak pernah lekang dimakan zaman. Sejak dahulu hingga sekarang, bahan ini tetap memiliki eksistensi yang sangat baik. Hal ini tidak terlepas dari sifat bahan ini yang membuat barang – barang fashion terlihat lebih berkelas dan elegan. Itulah mengapa harganya juga tergolong mahal. Oleh karena itu, Anda juga harus merawatnya dengan baik agar barang kulit Anda lebih awet dan selalu terlihat baru.

Hal utama yang harus terus terjaga pada bahan kulit adalah kelebabannya. Agar tidak kehilangan kelembaban, pastikan ikat pinggang, dompet, tas dan barang kulit Anda yang lain selalu terbebas dari debu, sinar UV yang berlebihan, dan juga minyak. Berikut beberapa tips perawatannya.

Pilih Bahan Pembersih yang Tepat

Bahan pembersih yang tepat untuk bahan kulit adalah pembersih yang dapat memberikan kelembaban yang tepat, membuat kulit tahan air, serta tentu saja efektif mengangkat noda. Bahan pembersih sederhana yang bisa digunakan adalah baking soda, cuka, atau minyak zaitun. Atau, Anda bisa memilih pembersih kulit khusus yang banyak dijual di toko – toko penjual barang berbahan kulit.

Perawatan Rutin

Untuk perawatan rutin, bersihkan dompet, ikat pinggang atau barang kulit lain dengan larutan air hangat dan sedikit shampoo bayi. Usapkan larutan ke seluruh permukaannya dengan menggunakan selembar kertas. Setelah itu, lap dengan kain bersih yang halus dan dapat menyerap dengan baik. Tidak perlu menggunakan air lagi untuk membilas. Setelah kering, usapkan body lotion secara tipis dan merata ke seluruh permukaan. Angin – anginkan hingga kering sempurna. Simpan di tempat dengan kelembaban dan suhu yang tidak berlebihan.  

Membersihkan Noda

Jangan khawatir ketika barang berbahan kulit kesayangan Anda terkena noda. Anda bisa membersihkannya dengan larutan air dan cuka atau air dan baking soda. Usapkan larutan dengan menggunakan kapas secara perlahan. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Perhatian: Tes setiap bahan pembersih sebelum digunakan pada bagian kecil atau tersembunyi agar tidak merusak seluruh permukaan ketika bahan tersebut tidak cocok untuk bahan kulit pada dompet, ikat pinggang atau barang lainnya.